Jasa Install ulang dan Service komputer dan laptop area Bandung... Hub: 0813-21185223

cara menggunakan VLOOKUP di MS. Excel



Halo sobat, saya akan berbagi lagi sedikit ilmu dalam penggunaan formula di MS. Excel. Kali ini saya akan memberikan tutorial cara penggunaan VLOOKUP. Btw, sobat mungkin bertanya “kenapa ga sekalian HLOOKUP?” heheheh. sebenarnya inti dari VLOOKUP dan HLOOKUP sama saja, yang membedakan adalah dari pembacaan sumber datanya. Jika VLOOKUP itu membaca data secara VERTIKAL, Sedangkan HLOOKUP membaca data secara HORIZONTAL. Dan jika sudah paham VLOOKUP maka otomatis HLOOKUP akan mudah sekali memahami nya.
Ok sobat langsung saja kita praktek ke kertas kerja Excel. Sobat liat screenshot yang saya tampilkan dan saya akan menjelaskan di bawah nya.
vlookup

Penjelasan :
1.       Sobat bisa buat sumber data nya terlebih dahulu. Sobat boleh meletakan dalam sheet yang sama atau berbeda dengan tabel yang akan diaplikasikan rumus nya. Contoh sumber data yang saya buat adalah data vertical.
2.       Sekarang sobat coba buat tabel atau kertas kerja yang akan di aplikasikan rumus VLOOKUP. Seperti contoh gambar di atas. Saya membuat kertas kerja dimana warna kuning saya buat sebagai acuan data, dan warna merah adalah rumus VLOOKUP yang diaplikasikan. Berikut penjelasan rumus nya :
Pada kolom Nama “=VLOOKUP(I2,A2:E8,2,FALSE)” , artinya
·         I2 adalah sel atau nilai referensi sebagai kunci untuk mencari data nya.
·         A2:E8 adalah range atau kumpulan data yang akan dicari.
·         2 adalah nomor kolom yang akan diambil datanya. (dalam contoh diatas adalah kolom nama karyawan berada di kolom 2 dari kiri ke kanan)
·         False adalah nilai logika, jika data dalam nilai maka sobat bisa mengisikan False atau True. Dimana False adalah nilai secara tepat, sedangkan True adalah nilai dengan metode kira2.
Untuk kolom status, kota asal dan gaji pokok, sobat bisa menyesuaikan pengambilan datanya.

Ok. Setelah sobat buat contoh seperti diatas, coba sobat masukan nomer NIK secara sembarang yang sesuai dengan yang ada di database di kolom I2.
Saya coba dengan memasukan NIK nomor 13004, maka otomatis data akan membaca sbb :
hlookup

Itu dia sedikit ilmu yang bisa saya bagikan buat sobat. Semoga berkah dan bermanfaat.
Jika ada pertanyaan jangan sungkan email langsung ke saya. Saya akan coba bantu jika saya mampu.





1 Response to "cara menggunakan VLOOKUP di MS. Excel"

Postingan Populer

Diberdayakan oleh Blogger.