Jasa Install ulang dan Service komputer dan laptop area Bandung... Hub: 0813-21185223

cara install windows 7 menggunakan flashdisk



Halo sobat semua…. Kali ini saya akan berbagi ilmu bagaimana cara menginstall windows 7 (baik itu yang 32bit maupun 64bit) menggunakan media flashdisk tanpa menggunakan software pihak ke-3.

Pertama yang harus diperhatikan adalah perangkat motherboard sobat sudah mendukung bootable ke flashdisk. Rata-rata sih semua jenis motherboard sekarang sudah mendukung bootable ke flashdisk jadi harusnya tidak masalah. Untuk mengecek nya sobat bisa masuk ke menu BIOS (saat pertama kali komputer dinyalakan, tekan Esc atau Del tergantung motherboard sobat). Lalu masuk ke menu boot management, disitu coba perhatikan jika kita masukan flashdisk terdeteksi atau tidak). Selain itu dibutuhkan minimal kapasitas flashdisk 4gb untuk menyimpan file windows 7.

Ok sobat, kita langsung saja ke langkah-langkah bikin flashdisk kita menjadi bootable dan bisa dipergunakan untuk menginstall Windows 7.

1. tekan tombol windows (logo windows) di keyboard  + R, ini akan memunculkan menu Run. Kemudian ketik cmd lalu tekan enter. Makan akan muncul jendela command prompt (klo bahasa preman nya mah jendela DOS :D )

run cmd
cmd
2. lalu ketik diskpart dan tekan enter
diskpart

3. lalu ketik list disk dan tekan enter, ini untuk melihat posisi flashdisk sobat (perhatikan kapasitas flashdisk sobat)
list disk

4. dalam hal ini posisi flashdisk saya ada di disk 1 (kapasitas flashdisk saya 8gb atau 7728mb), maka ketik select disk 1 (klo posisi flashdisk sobat di disk 2 dsb maka ketik sesuai posisi flashdisk). Tekan enter
select disk

5. kemudian ketik clean dan tekan enter. (biasa nya klo flashdisk ada sedikit masalah akan muncul error bla bla….) tp sobat tenang saja. Coba ketik lagi perintah clean dan tekan enter. Dan harus nya muncul keterangan succeeded…. 
clean
error clean

6. setelah itu ketik create partition primary dan tekan enter
create partition primary

7. dan kemudian ketik select partition 1 dan tekan enter
select partition

8. selanjutnya ketik active dan tekan enter

active

9.  kemudian kita format flashdisk dengan standar format windows 7 yaitu NTFS dengan mengetik format  fs = ntfs dan tekan enter. tunggu beberapa menit tergantung kualitas dan kapasitas flashdisk(klo saya butuh waktu sekitar 20 menitan untuk memformat flashdisk 8gb ini, mungkin flashdisk saya kinerja nya udah menurun la wong dipake udah 3 tahun an hehehehe… :)

format ntfs

10. setelah proses format flashdisk selesai (100%, dan ada keterangan successfully…..) langsung aja ketik assign dan tekan enter. (biasa nya di windows akan muncul jendela baru yang menandakan flashdisk sudah sukses menjadi bootable). Selesai, kemudian ketik exit dan enter.
ntfs format

exit

11. untuk keluar dari jendela command prompt, ketik exit dan enter lagi. atau bisa dengan langsung mengklik menu close (X) di pojok kanan atas jendela.
12. nah selanjutnya copy semua isi file dari DVD ato file ISO Windows 7 sobat. Jika sudah selesai maka coba sobat cabut flashdisk sobat lalu masukan lagi ke port usb nya. Maka akan nampak tampilan flashdisk sobat ada icon windows nya dan bootable. Hal ini berarti flashdisk sobat sudah siap digunakan untuk menginstall windows 7 langsung dari flashdisk. 
bootable flashdisk

Ok sobat, sekian dulu bagi2 ilmu dari saya semoga bermanfaat…  selamat bereksperimen :)

#install windows 7 menggunakan flasdisk #teknik manual membuat bootable windows 7 #membuat bootable tanpa software #siapkan file iso windows 7 #cara mudah install windows 7 pakai flasdisk

0 Response to "cara install windows 7 menggunakan flashdisk "

Posting Komentar

Postingan Populer

Diberdayakan oleh Blogger.